Magister Ekonomi

12 July 2021


Magister Ekonomi Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) merupakan yang pertama di Perguruan Tinggi Swasta se - Sumatera. Dengan semangat ini, Magister Ekonomi UNPAB bertujua menghasilkan lulusan yang mampu menggabungkan teori dan metode penelitian. serta menghasilkan karya ilmiah yang memecahkan masalah dan mendapat pengakuan nasional dan internasional.

Visi Magister Ekonomi

Menjadi program Magister Ekonomi yang unggul berkarakter religius demi pembangunan dan kemaslahatan umat yang berwawasan global.


Misi Magister Ekonomi

1. Mengembangkan keilmuan, memiliki komitmen ilmiah, pribadi mandiri dan mampu bekerjasama.

2. Melakukan pendekatan interdisipliner demi pembangunan.

3. Menerapkan teori dan metodologi penelitian ekonomi.

4. Kerjasama dengan lembaga/instansi guna memecahkan masalah perekonomian yang ada.


Tujuan Magister Ekonomi

1. Menghasilkan lulusan magister yang berdaya saing di dunia kerja dan bertanggung jawab sosial.

2. Menghasilkan kurikulum ekonomi berbasis kompetensi.

3. Meningkatkan inovasi penelitian ilmiah untuk mendukung pembangunan ekonomi Indonesia.

4. Meningkatkan kerjasama nasional dan internasional di bidang pendidikan ilmu ekonomi.

Kurikulum

    Kurikulum pendidikan tinggi merupakan standar atau pedoman mengenai rancangan pembelajaran yang berkaitan dengan pembahasan teoritis maupun praktik yang dilakukan selama periode studi yang diselenggarakan.

    Rancangan pembelajaran yang dirangkai dalam mata kuliah tertentu memberikan gambaran mengenai kompetensi yang harus dimiliki oleh para lulusan baik itu yang bersifat dasar, maupun peminatan demi terwujudnya visi, misi program studi.

Bidang Peminatan

1. Digital Ekonomi, moneter, dan perbankan

Revolusi Industri 4.0 mendorong berbagai negara di dunia untuk terus berinovasi dalam ranah perekonomian digital. Literasi digital menjadi topik yang banyak diperbincangkan mengingat perubahan teknologi telah menuntut semua pihak berinovasi dan mengikuti perkembangan dalam pembangunan ekonomi. Perekonomian yang berbasis teknologi baik dari segi pemasaran maupun pembiayaan. Kemudian, aspek kestabilan moneter dan kebijakan pemerintah pun menjadi penting mengingat peran pemerintah yang krusial dalam mengawal jalannya perekonomian.

2. Perencanaan dan pembangunan wilayah

Performa ekonomi nasional tidak terlepas dari collective sustainability dari seluruh wilayah di Indonesia. Oleh karena itu, penguatan ekonomi Indonesia dimulai dengan pembangunan skala mikro. Permasalahan terbesar dari perekonomian wilayah adalah akses terhadap hilirisasi produk. BUMDES dihadirkan menjadi motor penggerak perekonomian wilayah. Sehingga, studi kelayakan BUMDES menjadi penting untuk memaksimalkan potensi pembangunan wilayah dan penguatan klasterisasi ekonomi wilayah.

3. Ekonomi Kreatif dan Bisnis Syariah

Ekonomi kreatif erat kaitannya dengan kewirausahaan. Masyarakat dituntut untuk lebih kreatif dalam menemukan potensi bisnis yang dapat dikembangkan. Program pemerintah pun saat ini lebih berfokus pada pengembangan UMKM dan start up di mana dari segi pembiayaannya yang lebih mudah dan potensinya yang besar. Konsentrasi ini menyandingkan konsep syariah yang mulai banyak didiskusikan sebagai alternatif konsep perekonomian yang lebih stabil.

4. Administrasi dan Keuangan Publik

Konsentrasi ini membaha mengenai pengelolaan keuangan dan perekonomian pemerintah. Menitikberatkan kepada tata kelola pemerintah yang baik. Selain itu konsep e-government yang banyak diperbincangkan akhir-akhir ini pun akan turut dijabarkan. Kemudian, bagaimana konsep e-government dapat diterapkan dalam tata kelola keuangan daerah.



Akreditasi

Nama Jenjang Status Nomor Tanggal SK Masa Berlaku Nilai Predikat File
Magister Manajemen Pascasarjana Terakreditasi BAN-PT No. 1084/SK/BAN-PT/Akred/M/II/2021 24 February 2021 24 February 2026 0 B
Magister Ilmu Hukum Pascasarjana Terakreditasi BAN-PT No. 1360/SK/BAN-PT/Akred/M/V/2019 07 May 2019 07 May 2024 322 B

Visi

Menjadi penyelenggara pendidikan tinggi yang menghasilkan pemimpin manajemen dan bisnis yang  berjiwa wirausaha, profesional dan religius pada tahun 2023.

Misi

 

1.    Mengembangkan Program Studi Sesuai Dengan Kebutuhan Masyarakat dan Perkembangan Teknologi.

2.    Mengupayakan Pengembangan IPTEK dan IPMTAQ Dengan Pendekatan Interdisiplin Serta Meningkatkan Kualitas Tenaga Pengajar.
3.    Menjadi Pelopor Pengembangan Program Studi Berbasis Kewirausahaan Yang Didasari Oleh Profesionalisme dan Relegius.
4.    Menyelenggarakan Proses Penjaminan Mutu Bagi Program Studi S2 Secara Efektif dan Efesien

Universitas Pembangunan Panca Budi

Pascasarjana

Jl. Jend. Gatot Subroto KM. 4,5 Medan. Telp. 061 8455571, Fax. 061 4514808
Email: unpab@pancabudi.ac.id, Homepage: www.pancabudi.ac.id

"Kampus Asri, Bersih, Lestari dan Hemat Energi"