Magister Perencanaan Wilayah dan Kota

17 September 2021


Visi dan Misi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota

Visi

Menjadi Program Studi yang unggul pada tahun 2033 dalam pengembangan ilmu perencanaan wilayah dan kota yang berdasarkan kepada nilai-nilai Potensi Fisik Wilayah dan Kota, Kearifan Lokal, Sosial Budaya dan Ekonomi untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan demi kemaslahatan umat dengan wawasan nasional dan internasional

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan lintas disiplin untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional serta mampu mengembangkan keilmuan dalam bidang perencanaan wilayah dan kota dengan nilai-nilai Potensi Fisik Wilayah dan Kota, Kearifan Lokal, Sosial Budaya dan Ekonomi untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan demi kemaslahatan umat.
  2. Menyelenggarakan sistem pengelolaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang baik dengan memberikan apresiasi pada etika akademik dan pengembangan kualitas karya dalam lingkup tridharma perguruan tinggi.
  3. Memberikan kontribusi secara aktif kepada pemerintah dan masyarakat dalam pembangunan melalui aplikasi keilmuan perencanaan wilayah dan kota yang keberlanjutan;
  4. Mengembangkan kerjasama dan jejaring dengan pemerintah, dunia usaha dan perguruan tinggi maupun masyarakat luas di tingkat regional, nasional dan internasional.

Tujuan Magister Perencanaan Wilayah dan Kota

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional serta mampu mengembangkan keilmuan dalam bidang perencanaan wilayah dan kota dengan nilai-nilai Potensi Fisik Wilayah dan Kota, Kearifan Lokal, Sosial Budaya dan Ekonomi untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan demi kemaslahatan umat.
  2. Menghasilkan sistem pengelolaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang baik dengan memberikan apresiasi pada etika akademik dan pengembangan kualitas karya dalam lingkup tridharma perguruan tinggi.
  3. Berkontribusi secara aktif kepada pemerintah dan masyarakat dalam pembangunan melalui aplikasi keilmuan perencanaan wilayah dan kota yang keberlanjutan.
  4. Melakukan kerjasama dan jejaring dengan pemerintah, dunia usaha dan perguruan tinggi maupun masyarakat luas di tingkat regional, nasional dan internasional.

Struktur Organisasi

  • Direktur Pasca Sarjana: Dr. Kiki Farida Ferine, S.E., M.Si.
  • Sekretaris Direktur Pasca Sarjana: Zata Hasyyati, S.E., M.AppEc., M.Si
  • Ka.Prodi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota: Dr. Abdi Sugiarto, S.Sos., M.Si.
  • Profil Lulusan

    Lulusan Program studi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Pembangunan Panca Budi menciptakan insan dengn lulusan pada bidang Perencana Wilayah dan Kota yang handal serta mampu menyelesaikan permaslahan-permaslahan kompleks, berfikir secara kritis, kolaboratif dan kreatif, berbasis data analiytics, data scientist dan intelligence system designer. Program studi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Pembangunan Panca Budi dalam proses pembelajaran nya didukung dengan fasilitas dan staff pengajar oleh pakar-pakar dibidang Perencanaan Wilayah dan Kota. Adapun profil lulusan MPWK, yaitu : “Memiliki kompetensi Profesional dalam bidang Perencanaan Wilayah dan Kota, termasuk kemampuan untuk melakukan studi komprehensif dan mengembangkan solusi terhadap masalah pengembangan wilayah dan kota dengan mengacu kepada kepada nilai-nilai Potensi Fisik Wilayah dan Kota, Kearifan Lokal, Sosial Budaya dan Ekonomi untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan demi kemaslahatan umat.” Dengan konsentrasi :

    1. Perencanaan Kota
    2. PerencanaanFasilitas Kota, Infrastruktur dan Transportasi
    3. Perencanaan dan Kebijakan Pembangunan Kota
    4. Perencanaan dan Penanggulangan Bencana Wilayah dan Kota

    Selanjutnya scara terinci kemampuan Lulusan Magister Perencaaan Wilayah dan Kota berdasarkan Profil Lulusan dapat dijelaskan sebagai berikut:
    1. Lulusan yang dapat mengembangkan substansi dan proses perencanaan wilayah dan kota yang sesuai dan antisipatif terhadap kebutuhan dan tantangan masa kini dan masa yang akan datang, dengan memperhitungkan nilai-nilai Potensi Fisik Wilayah dan Kota, Kearifan Lokal, Sosial Budaya dan Ekonomi
    2. Lulusan yang dapat memimpin unit perencanaan di pemerintahan dan mampu mendorong proses reformasi kebijakan dalam penyelenggaraan PWK.
    3. Lulusan yang dapat memimpin tim perencana profesional atau organisasi non-pemerintah bidang perencanaan publik yang anggotanya terdiri dari berbagai latar belakang pendidikan dan pengalaman.
    4. Lulusan yang dapat melaksanakan transfer pengetahuan dan keahlian, riset dan pengabdian kepada masyarakat, serta menghasilkan publikasi yang terkait dengan bidang PWK.
    5. Lulusan yang dapat melanjutkan ke jenjang strata pendidikan yang lebih tinggi baik di dalam maupun di luar negeri.


Akreditasi

Nama Jenjang Status Nomor Tanggal SK Masa Berlaku Nilai Predikat File
Magister Manajemen Pascasarjana Terakreditasi 1084/SK/BAN-PT/Akred/M/II/2021 24 February 2021 24 February 2026 0 B
Magister Ilmu Hukum Pascasarjana Terakreditasi 13160/SK/BAN-PT/AK-ISK/M/XII/2021 15 December 2021 07 May 2024 322 Baik Sekali

Visi

Menjadi penyelenggara pendidikan tinggi yang menghasilkan pemimpin manajemen dan bisnis yang  berjiwa wirausaha, profesional dan religius pada tahun 2023.

Misi

 

1.    Mengembangkan Program Studi Sesuai Dengan Kebutuhan Masyarakat dan Perkembangan Teknologi.

2.    Mengupayakan Pengembangan IPTEK dan IPMTAQ Dengan Pendekatan Interdisiplin Serta Meningkatkan Kualitas Tenaga Pengajar.
3.    Menjadi Pelopor Pengembangan Program Studi Berbasis Kewirausahaan Yang Didasari Oleh Profesionalisme dan Relegius.
4.    Menyelenggarakan Proses Penjaminan Mutu Bagi Program Studi S2 Secara Efektif dan Efesien

Universitas Pembangunan Panca Budi

Pascasarjana

Jl. Jend. Gatot Subroto KM. 4,5 Medan. Telp. 061 8455571, Fax. 061 4514808
Email: unpab@pancabudi.ac.id, Homepage: www.pancabudi.ac.id

"Kampus Asri, Bersih, Lestari dan Hemat Energi"