Sinergi Dua Kampus: UNPAB dan UBH Tandatangani MoU, Tingkatkan Kualitas Pendidikan Kunjungan, MoU, dan FGD : Perkuat Kerja Sama Akademik

10 July 2024


Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) menyambut kunjungan Universitas Bung Hatta (UBH) dalam acara penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) yang dilaksanakan di Al-Huda Gedung A pada Selasa (09/07). Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan wawasan mahasiswa bagian hukum perdata Fakultas Hukum UBH yang berjumlah 30 mahasiswa, yang didampingi oleh Ketua Bagian Hukum Keperdataan, Dr. Yofiza MEdia, S.H., M.H.

Acara dimulai dengan sambutan dari perwakilan kedua Universitas yang menekankan pentingnya kolaborasi dalam memajukan pendidikan tinggi di Indonesia. Dekan Fakultas Sosial dan Sains (Fasosa), Dr. E. Rusiadi, S.E., M.Si., CIQaR., CIQnR., CIMMR., dalam sambutannya menyatakan harapannya bahwa kerja sama ini akan memperkuat hubungan antara kedua institusi dan membuka peluang kolaborasi dalam berbagai bidang, terutama dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU oleh perwakilan dari kedua universitas. Dari pihak UNPAB, penandatanganan dilakukan oleh Dr. Henry Aspan, S.E., S.H., M.A., M.H., M.M., sementara dari pihak UBH diwakili oleh Dr. Yofiza MEdia, S.H., M.H. Penandatanganan ini disaksikan oleh Dr. Siti Nurhayati, S.H., M.H., Ka. Prodi Ilmu Hukum, Dr. Mhd. Azhali Siregar, S.H., M.H., dan sejumlah dosen serta mahasiswa.

Kerja sama yang disepakati dalam MoU ini mencakup pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan adanya kerja sama ini, kedua universitas berharap dapat saling mendukung dalam peningkatan kualitas akademik dan pemberdayaan masyarakat.

Kegiatan ini juga mencakup Focus Group Discussion (FGD) antara dosen dari kedua universitas, yang bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam bidang hukum perdata serta merumuskan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di kedua institusi.

Acara ditutup dengan penukaran cenderamata dari kedua universitas sebagai simbol apresiasi dan penghormatan atas kerja sama yang terjalin. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama dan ramah tamah antara mahasiswa UBH dan civitas akademika UNPAB.

Dengan ditandatanganinya MoU ini, diharapkan dapat tercipta sinergi yang baik antara UNPAB dan UBH dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia.


Akreditasi

Nama Jenjang Status Nomor Tanggal SK Masa Berlaku Nilai Predikat File
Magister Manajemen Pascasarjana Terakreditasi 1084/SK/BAN-PT/Akred/M/II/2021 24 February 2021 24 February 2026 0 Baik Sekali
Magister Ilmu Hukum Pascasarjana Terakreditasi 13160/SK/BAN-PT/AK-ISK/M/XII/2021 15 December 2021 07 May 2024 322 Baik Sekali

Visi

Menjadi Unit Pengelola Program Studi Pascasarjana yang Unggul dan Berkarakter Religius pada Bidang Sosial, Humaniora, Sains & Teknologi serta bermanfaat bagi Kemaslahatan Umat

Misi

  1. Menyelenggarakan Kegiatan Pendidikan Pada Bidang Ilmu Bidang Sosial, Humaniora, Sains & Teknologi yang berkarakter religius, bermanfaat bagi kemaslahatan umat serta dapat bersaing di tingkat Nasional dan Internasional.
  2. Menyelenggarakan Kegiatan Penelitian Pada Bidang Ilmu Bidang Sosial, Humaniora, Sains & Teknologi yang dapat bersaing di tingkat Nasional dan Internasional.
  3. Menyelenggarakan Kegiatan Pengebdian Kepada Masyarakat Pada Bidang Ilmu Bidang Sosial, Humaniora, Sains & Teknologi yang dapat bersaing di tingkat Nasional dan Internasional serta bermanfaat bagi kemaslahatan umat.
  4. Membangun Jejaring Tingkat Nasional dan Internasional melalui Kerjasama

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang professional pada Bidang Ilmu Sosial, Humaniora, Sains & Teknologi yang dapat bersaing di tingkat nasional dan internasional serta bermanfaat bagi kemaslahatan umat.
  2. Menghasilkan penelitian dan pengabdian luar negeri yang sesuai dengan bidang Ilmu Sosial, Humaniora, Sains & Teknologi yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat.
  3. Memiliki sarana prasarana yang berstandar internasional dalam mendukung capaian kinerja tridharma yang sesuai pada bidang ilmu Sosial, Humaniora, Sains & Teknologi.
  4. Menghasilkan kerjasama tridharma di tingkat nasional dan internasional yang sesuai dengan Bidang Ilmu Sosial, Humaniora, Sains & Teknologi.

Universitas Pembangunan Panca Budi

Pascasarjana

Jl. Jend. Gatot Subroto KM. 4,5 Medan. Telp. 061 8455571, Fax. 061 4514808
Email: unpab@pancabudi.ac.id, Homepage: www.pancabudi.ac.id

"Kampus Asri, Bersih, Lestari dan Hemat Energi"