Peningkatan Kapasitas Dosen UNPAB, Melalui Workshop Penulisan Buku Ilmiah

31 May 2024


"Pelatihan Penulisan Buku Monograf, Referensi, dan Buku Ajar Hasil Penelitian Tahun 2024"

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) menggelar workshop dengan tema, "Pelatihan Penulisan Buku Monograf, Referensi, dan Buku Ajar Hasil Penelitian Tahun 2024". Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 30 Mei 2024, di Gedung A, Aula Al-Huda.

Workshop yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penulisan dan publikasi karya ilmiah tersebut mendapat sambutan hangat dari dosen pemenang hibah internal tahun 2024, termasuk dosen tetap UNPAB.

Narasumber utama dalam acara ini adalah Dosen Tetap Universitas Gajah Mada, Dr. Mutia Amini, M.Hum, yang telah memiliki pengalaman luas dalam penulisan buku monograf dan buku ajar. Beliau juga berpengalaman sebagai Sekretaris Redaksi Jurnal Humaniora, Ketua Redaksi Jurnal Humaniora Kepala Bagian Penerbitan UGM Press, Sekretaris Badan Penerbit dan Publikasi (BPP) UGM, serta Ketua Program Studi Sejarah UGM.

Ketua LPPM UNPAB dalm sambutannya berharap agar workshop ini dapat memberikan pemahaman yang mendalam tentang proses penulisan buku ilmiah kepada para peserta. “Harapannya para dosen nantinya dapat menghasilkan karya-karya yang berkualitas dan bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan”, pungkas Dr. Sukma Aditya Sitepu, S.Pt., M.Pt.

Dalam paparannya, Dr. Mutia Amini, M.Hum menyatakan bahwa penulisan buku ilmiah merupakan sebuah proses yang kompleks namun sangat penting untuk mendokumentasikan dan menyebarluaskan hasil penelitian.
“Untuk itu, pentingnya kesesuaian metodologi, ketepatan penyajian data, serta kejelasan dalam penulisan untuk memastikan bahwa karya ilmiah tersebut dapat dipahami dan diapresiasi oleh pembaca yang lebih luas”, ucap Dosen Tetap Universitas Gajah Mada tersebut.

Para peserta workshop, yaitu para dosen memperoleh wawasan baru tentang metodologi penelitian, teknik penulisan yang efektif, serta strategi pemasaran buku. Beberapa peserta juga berkesempatan untuk berkonsultasi langsung dengan narasumber tetang proyek penelitian mereka.

Diharapkan, setelah mengikuti workshop ini, para peserta mampu mengaplikasikan pengetahuan yang didapat untuk menghasilkan karya-karya ilmiah yang berkualitas dan dapat berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia.


Akreditasi

Nama Jenjang Status Nomor Tanggal SK Masa Berlaku Nilai Predikat File
Magister Manajemen Pascasarjana Terakreditasi 1084/SK/BAN-PT/Akred/M/II/2021 24 February 2021 24 February 2026 0 Baik Sekali
Magister Ilmu Hukum Pascasarjana Terakreditasi 13160/SK/BAN-PT/AK-ISK/M/XII/2021 15 December 2021 07 May 2024 322 Baik Sekali

Visi

Menjadi Unit Pengelola Program Studi Pascasarjana yang Unggul dan Berkarakter Religius pada Bidang Sosial, Humaniora, Sains & Teknologi serta bermanfaat bagi Kemaslahatan Umat

Misi

  1. Menyelenggarakan Kegiatan Pendidikan Pada Bidang Ilmu Bidang Sosial, Humaniora, Sains & Teknologi yang berkarakter religius, bermanfaat bagi kemaslahatan umat serta dapat bersaing di tingkat Nasional dan Internasional.
  2. Menyelenggarakan Kegiatan Penelitian Pada Bidang Ilmu Bidang Sosial, Humaniora, Sains & Teknologi yang dapat bersaing di tingkat Nasional dan Internasional.
  3. Menyelenggarakan Kegiatan Pengebdian Kepada Masyarakat Pada Bidang Ilmu Bidang Sosial, Humaniora, Sains & Teknologi yang dapat bersaing di tingkat Nasional dan Internasional serta bermanfaat bagi kemaslahatan umat.
  4. Membangun Jejaring Tingkat Nasional dan Internasional melalui Kerjasama

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang professional pada Bidang Ilmu Sosial, Humaniora, Sains & Teknologi yang dapat bersaing di tingkat nasional dan internasional serta bermanfaat bagi kemaslahatan umat.
  2. Menghasilkan penelitian dan pengabdian luar negeri yang sesuai dengan bidang Ilmu Sosial, Humaniora, Sains & Teknologi yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat.
  3. Memiliki sarana prasarana yang berstandar internasional dalam mendukung capaian kinerja tridharma yang sesuai pada bidang ilmu Sosial, Humaniora, Sains & Teknologi.
  4. Menghasilkan kerjasama tridharma di tingkat nasional dan internasional yang sesuai dengan Bidang Ilmu Sosial, Humaniora, Sains & Teknologi.

Universitas Pembangunan Panca Budi

Pascasarjana

Jl. Jend. Gatot Subroto KM. 4,5 Medan. Telp. 061 8455571, Fax. 061 4514808
Email: unpab@pancabudi.ac.id, Homepage: www.pancabudi.ac.id

"Kampus Asri, Bersih, Lestari dan Hemat Energi"