Rektor UNPAB Jadi Narasumber Podcast Disdiksu, Ciptakan SDM Unggul di Sumatera Utara

14 September 2023


(Rabu, 13 September 2023), Rektor UNPAB (Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE., MM) menjadi Narasumber dalam program podcast “Disdiksu Menyapa” yang diselenngarakanoleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara dengan tema, “Membangun Sinergitas Dunia Pendidikan Dalam Menciptakan SDM Unggul di Sumatera Utara”.

Podcast yang berlangsung kurang lebih 1 jam itu berjalan dengan lancar dengan membahas hal-hal mengenai strategi atau kiat-kiat membangun kampus agar semakin berkembang juga membahas topik-topik terhangat dikalangan Gen-Z. Podcast ini dipandu langsung oleh seorang host sekaligus Dosen di Universitas Negeri Medan (Dr. M. Joharis, MM., M.Pd).

“Dengan semakin berkembangnya teknologi, tentunya untuk Pendidikan Tinggi sekarang, membutuhkan pola pembelajaran yang sesuai dengan kearifan lokal masyarakat setempat itu sendiri dan peran serta stakeholders dalam mensinergitaskan pendidikan ini sangat penting. Kemudian, persiapan-persiapan itu juga meliputi penyesuaian kurikulum sesuai dengan pengguna lulusan dalam dunia usaha, industri juga pemerintah”, papar Isa Indrawan.

Dulu, pembelajaran dalam dunia pendidikan hanya dikenal dengan istilah tatap muka. Namun, seiring dengan perkembangan zaman sudah ada pembelajaran dengan metode blended learing atau secara hybrid. Metode ini adalah pembelajaran yang dapat dilaksanakan secara offline maupun online (tanpa langsung bertatap muka dengan dosen) dan dapat dilaksanakan melalui teknologi seperti zoom ataupun googlemeet.

“Untuk itu, para pendidik harus bisa merubah perilaku peserta didik dan sebaliknya. Hal inilah yang sebenarnya menjadi penting karena Pendidikan Tinggi sekarang outputnya tidak bisa lagi hanya berdasarkan selembar ijazah namun sudah berbasis kepada kebermanfaatan dimana peserta didik tersebut nantinya dapat berkecimpung di dunia pemerintahan, perusahaan swasta maupun perusahaan milik Negara”, lanjutnya.

Isa Indrawan juga mengungkapkan bahwa ada sekitar 60-70% lulusan UNPAB yang setelah tamat langsung terjun ke dunia kerja.

“UNPAB melaksanakan kerjasama yang salah satunya telah dilakukan bersama dengan Disdiksu berupa program pelatihan kepada para mahasiswa. Program lain yang dilaksanakan adalah magang bersertifikat dengan BUMN, perusahaan swasta, Asosiasi Pengusaha dengan harapan setelah magang langsung mendapatkan kesempatan kerja di perusahaan tersebut. Jadi memang, sinergisitas yang dilakukan oleh UNPAB dengan para stakeholders itu sangat penting dengan potensi atapun peluang yang sangat besar bagi para lulusan dalam menambang pengalaman ataupun langsung mendapatkan pekerjaan di salah satu perusahaan tersebut”, pungkas Rektor UNPAB tersebut.


Akreditasi

Nama Jenjang Status Nomor Tanggal SK Masa Berlaku Nilai Predikat File
Magister Manajemen Pascasarjana Terakreditasi 1084/SK/BAN-PT/Akred/M/II/2021 24 February 2021 24 February 2026 0 Baik Sekali
Magister Ilmu Hukum Pascasarjana Terakreditasi 13160/SK/BAN-PT/AK-ISK/M/XII/2021 15 December 2021 07 May 2024 322 Baik Sekali

Visi

Menjadi Unit Pengelola Program Studi Pascasarjana yang Unggul dan Berkarakter Religius pada Bidang Sosial, Humaniora, Sains & Teknologi serta bermanfaat bagi Kemaslahatan Umat

Misi

  1. Menyelenggarakan Kegiatan Pendidikan Pada Bidang Ilmu Bidang Sosial, Humaniora, Sains & Teknologi yang berkarakter religius, bermanfaat bagi kemaslahatan umat serta dapat bersaing di tingkat Nasional dan Internasional.
  2. Menyelenggarakan Kegiatan Penelitian Pada Bidang Ilmu Bidang Sosial, Humaniora, Sains & Teknologi yang dapat bersaing di tingkat Nasional dan Internasional.
  3. Menyelenggarakan Kegiatan Pengebdian Kepada Masyarakat Pada Bidang Ilmu Bidang Sosial, Humaniora, Sains & Teknologi yang dapat bersaing di tingkat Nasional dan Internasional serta bermanfaat bagi kemaslahatan umat.
  4. Membangun Jejaring Tingkat Nasional dan Internasional melalui Kerjasama

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang professional pada Bidang Ilmu Sosial, Humaniora, Sains & Teknologi yang dapat bersaing di tingkat nasional dan internasional serta bermanfaat bagi kemaslahatan umat.
  2. Menghasilkan penelitian dan pengabdian luar negeri yang sesuai dengan bidang Ilmu Sosial, Humaniora, Sains & Teknologi yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat.
  3. Memiliki sarana prasarana yang berstandar internasional dalam mendukung capaian kinerja tridharma yang sesuai pada bidang ilmu Sosial, Humaniora, Sains & Teknologi.
  4. Menghasilkan kerjasama tridharma di tingkat nasional dan internasional yang sesuai dengan Bidang Ilmu Sosial, Humaniora, Sains & Teknologi.

Universitas Pembangunan Panca Budi

Pascasarjana

Jl. Jend. Gatot Subroto KM. 4,5 Medan. Telp. 061 8455571, Fax. 061 4514808
Email: unpab@pancabudi.ac.id, Homepage: www.pancabudi.ac.id

"Kampus Asri, Bersih, Lestari dan Hemat Energi"