Magister Hukum

Magister Hukum

  1. A.       VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, SERTA STRATEGI PENCAPAIAN

A.1. Visi

  • Menghasilkan lulusan Magister Ilmu Hukum yang berkompeten, Profesional dan religius di bidang hukum perdata, hukum pidana, hukum administrasi negara sehingga dapat bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

A.2. Misi

  1. Melaksanakan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian yang bermanfaat yang mampu membantu memecahkan permasalahan hukum dalam masyarakat di tingkat nasional maupun internasional;
  2. Mengembangkan IPTEK dan Imtaq untuk mewujudkan masyarakat madani selaras filosofis Negara kesatuan indonesia;
  3. Meningkatkan Kualitas tenaga pengajar, peserta didik dan alumni dibidang hukum pidana, hukum perdata dan hukum administrasi Negara melalui diklat formal, non formal dan informal;

A.3. Tujuan

  1. Meningkatkan lulusan yang unggul dalam penguasaan teori dan praktek di bidang Hukum Perdata, Hukum Pidana Hukum Administrasi Negara di tingkat nasional maupun internasional.
  2. Meningkatkan lulusan yang mampu berpikir logis dan sistematis dalam menghadapi persoalan-persoalan Hukum Perdata, Hukum Pidana dan Hukum Administrasi Negara di masyarakat.
  3. Meningkatkan lulusan yang mampu melaksanakan tugas-tugas secara professional dan religius di bidang Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Administrasi Negara di tingkat nasional maupun internasional.

A.4. Sasaran

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dan kompetensi dalam bidang Ilmu Hukum dan keilmuan dengan kemampuan bersaing dengan wawasan global.
  2. Menghasilkan lulusan yang berkemampuan menyampaikan gagasan secara sistematis, serta mampu mengimplementasikan dan mengembangkan profesi dalam masyarakat dan lingkungan kerja serta mampu memberikan alternatif pemecahan masalah yang tejadi di masyarakat.

A.5.   Strategi Pencapaian

  1. Melakukan upgrading kompetensi dosen di bidang Tridharma PT (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat).
  2. Melakukan monitoring dan evaluasi calon mahasiswa berdasarkan kualifikasi input yang akan mempengaruhi proses output.
  3. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses pembelajaran dengan meningkatkan kualitas kerja dan kinerja serta kemampuan staf akademik dan administrasi, meningkatkan kualitas proses pembelajaran dengan pelatihan pekerti, buku ajar, penambahan pembuatan buku ajar, RPS, dan melakukan monitoring kuliah, beban tugas dan aktivitas bimbingan, melengkapi fasilitas pembelajaran serta melengkapi judul dan jumlah buku di ruang referensi untuk meningkatkan minat baca mahasiswa maupun dosen melalui Audit Mutu Akademik Internal (AMAI) oleh UJMF.
  4. Melakukan peninjauan kurikulum setiap 5 (lima) tahun sekali berdasarkan standar kurikulum universitas.
  5. Menciptakan dan meningkatkan sistem manajemen dan administrasi akademik dengan membangun standart sistem informasi terintegrasi serta standart sistem manajemen.
  6. Menciptakan iklim kerja dan suasana akademik yang kondusif dengan meningkatkan kemampuan dosen dengan pelatihan model pembelajaran Student Center Learning (SCL), meneliti melalui pelatihan metodologi penelitian serta, melakukan seminar proposal maupun hasil penelitian secara priodik, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk ikut dalam penelitian dosen dan melakukan pengabdian kepada masyarakat dan menciptakan Road Map Magister Hukum 2015 s.d 2018.
  7. Mengoptimalkan networking dengan stakeholders yang relevan dalam meningkatkan mutu akademik.
  8. Pengembangan Prodi Magister Hukum baik tingkat regional 2023 maupun nasional 2028.
  9. Rencana Jangka Panjang Universitas menjadi World Class University 2033 bahwa Prodi Magister Hukum UNPAB memiliki kualitas Kurikulum yang menggunakan standar internasional karena masuk dalam Katalog Internasional agar ijazah dari UNPAB dapat disetarakan di negara asal.

 

STRUKTUR ORGANISANI

  • Direktur Pascasarjana : Drs. Kasim Siyo, Msi.,PhD
  • Ka. Prodi Magister Ilmu Hukum : Dr. H. Darwinsyah Minin, SH.,M.S
  • Sek. Prodi Magister Ilmu Hukum : Suci Ramadani, SH.,M.H
  • Staf Akademik Magister Ilmu Hukum : Ibnu Hajar, SH